Article

Speedometer Kehidupan

15.10.2015

Cukup lama saya tidak memiliki waktu senggang dan tenang untuk dapat menulis. Pada kesempatan ini, menjelang tanggal 23 Oktober 2015 dimana SOLA Associates akan genap berulangtahun yang ke-enam saya mengambil waktu khusus untuk menuliskan artikel sederhana ini. Bukan sekedar untuk update status di website (www.solaassociates.com) dan social media kami, namun lebih tepatnya untuk REFLEKSI DIRI.

Ibarat usia manusia, memasuki usia ke-enam, adalah usia yang baru saja melewati batas hitungan BALITA dimana di usia ini seorang anak mulai diperkenalkan dengan banyak pembelajaran baru yang berkaitan dengan KEMANDIRIAN. Demikian pula halnya dengan SOLA Associates, yang kembali menata ulang aktifitasnya untuk sebuah KEMANDIRIAN.

KEMANDIRIAN memerlukan PENGALAMAN PRIBADI sebagai sumber pembelajarannya berupa pengalaman untuk berpikir, bertindak, bergerak cepat dan juga lambat yang mana semuanya sesuai situasi, kondisi, kebutuhan dan porsinya.

Itulah sebabnya visual dan judul artikel ini menggambarkan “SPEEDOMETER KEHIDUPAN”, yang sebagaimana kita ketahui speedometer berfungsi sebagai “pendeteksi kecepatan” sebagai istilah lazimnya. Speedometer inilah yang mengukur kecepatan kita dalam berpikir, bertindak dan bergerak. Semuanya tentu untuk kemajuan dan pencapaian. Sebab dalam hidup tentu setiap orang dan organisasi selalu ingin mencapai hasil yang lebih baik lagi, lebih bermanfaat lagi, lebih cepat, lebih maju, lebih dan lebih bukan kurang dan kurang. Saya percaya tidak ada orang atau organisasi yang mau mengalami kemunduran bukan?

Merenungkan istilah “pendeteksi kecepatan” saat saya menyusun kalimat demi kalimat untuk artikel ini diantara tekanan jari-jari yang mengetik huruf pada keyboard laptop saya, terbersit pertanyaan ini di benak saya: “Mengapa lebih sering disebut pendeteksi kecepatan, dan bukan pendeteksi perlambatan?” Padahal fungsinya juga untuk mendeteksi perlambatan bukan? Dan jika kita kaitkan dengan berkendara, ternyata melambat juga diperlukan pada situasi tertentu sesuai dengan porsinya.

Tolak ukurnya ada dalam situasi dan kondisi sesuai kebutuhan. Itulah sebabnya ada GAS dan ada REM dalam fungsi berkendara dimana saat di-gas tentu speedometer bertambah namun saat di-rem tentu speedometer berkurang.

Dari sinilah saya belajar merefleksikan diri tentang kehidupan dan khususnya di tahun-tahun yang telah berlalu dalam keseharian aktifitas SOLA Associates yang dengan segala keterbatasannya telah menggunakan segala potensi dan kapasitasnya untuk berpikir, bertindak dan bergerak dengan cepat, spedometernya terus bergerak naik dalam bentuk jadwal training yang padat merayap dimana segala persiapan dan pelaksanaan membutuhkan kecepatan yang terstruktur dan terencana dengan akurat. Fungsi Gas telah dipakai secara maksimal sehingga pencapaiannya pun sepadan dengan upaya yang telah dilakukan. Ibarat berkendara, maka keberhasilan mencapai goal tertentu telah dilakukan dengan baik dan cepat, bahkan dapat saya simpulkan melebihi ekspektasi. Mungkin jika ini adalah pertandingan balap, piala kemenangan sudah menunggu sebagai hasilnya.

Namun bila ditanya bagaimana pemandangan sekitar dan keindahan perjalanannya akan sulit bagi saya untuk menggambarkannya karena semua berlalu dengan begitu cepat bahkan ada kalanya tidak sempat menikmatinya. Dan dengan berat hati saya mengakui bahwa aaya telah kehilangan esensi keindahan perjalanan itu sendiri karena ketidaksanggupan menggambarkannya kecuali hal yang berhubungan dengan pencapaian dan kecepatan.

Oleh sebab itu kini tiba saatnya bagi saya untuk mengajukan pertanyaan ini “Apa yang penting dan apa yang tidak ?” agar untuk tahapan selanjutnya dalam beraktifitas SOLA Associates dapat menikmati perjalan itu sendiri asalkan rela untuk mengurangi tekanan gas dan sesekali menginjak rem untuk SLOW-DOWN serta mengatur ritme dengan lebih bijaksana dalam kemandirian berpikir, bertindak dan bergerak. Bahkan perlu untuk berhenti dan mengisi bahan bakar untuk mampu berjalan lebih jauh lagi tanpa kehilangan energi dan mengalami kerusakan mesin. Jawaban dari pertanyaan tersebut masih menjadi PR besar saya sampai dengan artikel ini dituliskan. Kejujuran terdalamlah yang akan mampu menjawabnya. Itulah sebabnya di usia 6 tahun ini, dalam memulai usia KEMANDIRIAN-nya, SOLA Associates belajar menggunakan lebih banyak fungsi REM, dan memfungsikan speedometernya sebagai “pendeteksi perlambatan” bukan hanya “pendeteksi kecepatan” agar tidak mengulangi kesalahan yang sama yakni kehilangan hal-hal indah dalam perjalanan, dan tetap memelihara mesin serta menggunakan bahan bakar sesuai porsinya.

Demikianlah hidup, dalam mencapai VISI perlu cara untuk mencapainya, yang sering kita sebut dengan MISI. Visi hanya akan menjadi angan-angan bila tanpa cara yang disertai langkah-langkah kongkrit dan terukur yang disebut dengan GOAL. SOLA Associates telah menjalankan Goal untuk 5 tahunnya sesuai misi yang tertuju pada Visi yang ingin dicapai. Dengan rasa syukur yang mendalam, bila saya menoleh ke belakang dan memandang JEJAK PERJALANAN di 5 tahun terakhir, ada kepuasan yang mendalam atas terlaksananya rencana, strategi dan berujung pada pencapaian.

PUJI TUHAN. Semua karena AnugrahNYA, penyertaan TUHAN yang luar biasa dengan segala kemudahan dan perkenananNYA dalam segala aktifitas SOLA Associates yang membuat mata saya berkaca-kaca dan berhenti sejenak untuk berdoa ditengah mengetik artikel sederhana ini. BERDOA bukan untuk meminta namun hanya berterima kasih, bersyukur dan terharu atas kemurahaNYA. Untuk itu kembali saya mendedikasikan SOLA Associates sebagai wadah untuk memuliakan TUHAN lewat dunia pelatihan membangun kapasitas diri. Semua dari TUHAN dan semua untuk kemuliaan TUHAN. Terjadilah hanya kehendak TUHAN atas SOLA Associates. Saya hanya pengelola bersama team yang luar biasa, namun TUHANlah pemiliknya.

Diakhir paragraf ini, dari hati yang paling dalam saya mengucapkan banyak terima kasih kepada team SOLA Associates yang telah, ataupun pernah, dan masih membantu SOLA Associates untuk terus berkarya. Terima kasih telah menjadi bagian dari perjalanan SOLA Associates sampai dengan saat ini. Tidak akan ada SOLA Associates hari ini tanpa jerih payah dan kerjasama Team yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu. Keuntungan terbesar dalam perjalanan memasuki usia 6 tahun adalah kebersamaan kita selama ini dalam segala perbedaan yang membuat perjalanan ini memiliki kisah yang berwarna. Dan dalam segala kesamaan yang membuat perjalanan ini semakin bermakna. TERIMA KASIH TEAM! Kalian praktisioner hebat yang membuat kepanjangan singkatan kata “SOLA” (Society for Organisational Learning Achievers) menjadi hidup!